Langsung ke konten utama

MENGENAL ALORITMA DAN CONTOHNYA

1. Pengertian Algoritma

Algoritma adalah langkah-langkah berurutan secara systematis, yang logis untuk menyelesaikan suatu masalah. Logis artinya ketika memiliki masalah, kita harus dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan cara atau langkah-langkah yang nyata / logis. 

Contoh Algoritma dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah cara memasak air. Langkahnya sediakan panci atau wajan, sediakan kompor gas, siapkan air dalam wadah, sediakan gayung. Selanjutnya masukan air menggunakan gayung ke dalam wajan/panci, letakan panci yang sudah berisi air diatas kompor. Hidupkan kompor, tunggu proses hingga air mendidih. Matikan kompor. Masih banyak contoh algoritma yang lainnya. Contoh yang lain dalam dunia pendidikan misalnya cara mencari luas persegi panjang. Langkah-langkahnya, yaitu siapkan panjang, lebar dan luas. Masukan angka untuk panjang persegi, masukan angka untuk lebar persegi panjang. Masukan rumus luas = panjang * lebar. Tampilkan hasilnya.


2. Bentuk Dasar Algoritma

Algoritma mempunyai bentuk dasar sebagai berikut :

  • Squence Algorithm (Algoritma Sekuensial), adalah algoritma yang langkah-langkahnya harus berurutan dari awal hingga akhir. Contoh algoritma cara memasak air, langkah yang dijalankan harus berurutan dari awal sampai akhir.
  • Looping Algorithm (Algoritma Perulangan), algoritma yang menjalankan beberapa intruksi dengan langkah-langkah secara berulang-ulang. Ketika ada masalah yang dihadapi, harus ada langkah-langkah yang diulang-ulang sampai selesai. Contoh algoritma mengisi air ke ember  dari wadah air/kolom hingga penuh menggunakan ciduk/gayung. langkah-langkahnya :
    1. Siapakan ember kosong
    2. Ambil air dengan gayung dari kolom
    3. Tuangkan gayung ke ember
    4. Ulangi langkah 2-3 sampai ember penuh terisi air.
    • dari algoritma tersebut dapat diketahui untuk langkah 2 sampai dengan 3 harus dilakukan secara berulang-ulang hingga ember penuh terisi air.
  • Conditional Algorithm (Algoritma Percabangan atau Bersyarat), adalah algoritma yang menjalankan langkah berikutnya jika ada suatu syarat yang sudah terpenuhi. Algoritma ini dapat dikatakan harus ada syarat yang terpenuhi. Contohnya Algoritma memetik Cabe yang matang, langkah-langkahnya :
    1. Siapkan wadah kosong untuk cabe yang dipetik
    2. Menuju pohon cabe yang banyak buahnya
    3. Petik cabe yang matang / warna merah 
    4. Masukan cabe yang baru dipetik ke wadah
    5. Apabila cabe yang merah sudah tidak ada lagi, angkat wadah yang berisi cabe.
    6. Bawa wadah yang berisi cabe ke rumah.
    • Algoritma ini berada dilangkah ke 5, Apabila cabe yang merah/matang sudah tidak ada lagi, angkat wadah yang berisi cabe hasil memetik tadi. Dan apabila cabe merah/masak masih ada, wadah tersebut tidak usah dibawa.

3. Merancang Algoritma yang Baik

Untuk merancang algoritma yang baik diperlukan kriteria sebagai penentuan dalam merancang bagaimana langkah yang perlu diambil. Adapun kriteria yang dimaksud adalah :
  • ada masukan atau input. Masukan data sebagai bahan yang harus ada.
  • ada keluaran atau ouput. Kriteria ini harus menghasilkan sesuatu sebagai hasilnya.
  • terbatas atau finite. Algoritma harus terhenti, setelah melakukan langkah-langkah yang diperlukan.
  • pasti atau definite. Algoritma harus jelas kapan waktu dimulai dan kapan berakhirnya. Setiap langkah harus dijelaskan secara rinci.
  • efektif atau efisien. Algoritma harus menggunakan langkah-langkah yang efisien, tidak boros dalam melakukan kegiatan, tidak menggunakan sesuatu yang jelas tidak diperlukan.

4. Contoh Algoritma

Algoritma dapat ditunjukkan dalam bentuk gambar atau flowchart, bisa juga dapat ditunjukkan dengan langkah-langkah teks. Berikut contoh algoritma menggunakan flowchart :

Menghitung luas segitiga
Untuk mencari luas segitiga diperlukan alas, dan tinggi, Selanjutnya memasukan rumus luas segitiga yaitu (alas x tinggi ) dibagi 2. Hasilnya dapat diketahui setelah dimasukan alas dan tinggi segitiga. Untuk mempermudah membuat algoritma diperlukan diagram alur (flowchart).

Dan banyak sekali contoh algoritma. Untuk membahas lebih jauh tentang flowchart akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 TAHUN-AN DI SMAN2 Ciputat wkt itu "2VCR"

My story in SMAN 2  Hello smua.. Kali ini sy akan bercerita tentang masa ketika mengajar di SMAN 2 Ciputat.   let's go.... Pengalaman berangkat menuju sekolah. Ketika terdengar azan shubuh, langsung ane mandi n sholat, lalu berangkat jalan kaki menuju pertamina, disana naik ojek lewat jalan pipa gas pertamina menuju jalan Margonda Raya.  sampai di jalan Margonda Raya, ane menunggu bus Dbora jurusan Lebak bulus waktu itu, entah sekarang bus tersebut masih ada atau sudah tidak ada. Perjalanan menuju lebak bulus dengan bus Dbora berjalan cepat melalui tol, sampai di terminal lebak bulus ane turun dan mencari mobil kijang jurusan C Jurusan Ciputat, ane turun di Kampung Utan Ciputat, Lalu nunggu mobil D10 Jurusan Ciputat - Pondok Ranji. Ane turun di Komplek Pertamina, lalu jalan kaki menuju SMA Negeri 2 Ciputat dan sampai di sana jam 06an. Begitulah kegiatan hari-hari mengajar di SMAN 2 Ciputat selama 5 Tahun ane lalui. Sekarang SMAN 2 Ciputat yang bertempat di Jl. WR. Supratman Komple

27 TAHUN MENGAJAR DI SMP ISLAM TAUFIQURRAHMAN

 SMP Islam Taufiqurrahman merupakan sekolah dimana tempat ane mengajar dari tahun 1995 sampai dengan sekarang di tahun 2022 (sekitar 27 tahun ). Mata pelajaran yang ane sampaiakan ke peserta didik tidak berubah yaitu komputer.  Dulu namanya Mulok Komputer, berganti nama menjadi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), selanjutnya berganti nama menjadi BK TIK, berubah lagi di kurikulum merdeka menjadi Informatika.  Gedung A SMP Islam Taufiqurrahman Depok foto di HUT RI tgl 25 Nop 2022 Ruang Lab Komputer merupakan ruang penunjang dalam kegiatan mata pelajaran informatika atau Teknologi Informasi & Komunikasi. Siswa Prak menggunakan PC (personal Computer) yang ada di dalam ruang labkom, namun tidak menutup kemungkinan menggunakan HandPhone di ruang kelas masing-masing yang sudah dipasang router setiap kelas.Jadi kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) untuk mapel Informatika/TIK bisa diruang kelas ataupun  bisa diruang labkom tergantung kondisi dan kebutuhan yang ditetapkan secara p